Dijaman serba internet seperti ini, berbagai informasi dengan cepat bisa tersebar  sepanjang ada akses internet. Apalagi dengan hape murah pun sudah bisa internetan. Memiliki website nampaknya sudah menjadi kebutuhan baik bagi institusi,perusahaan,jasa,dll.

Banyaknya bermunculan jasa pembuatan website, dari yang murah sampai yang professional.tergantung kemampuan kita. Namun jika ada kemauan kitapun bisa membuat website sendiri. Untuk sewa domain dan hosting tergantung kebutuhan. Untuk anda yang baru tahap pemula, saya sarankan pakai yang gratisan, hitung-hitungbelajar dulu setelah cukup mahir kita bisa gunakan yang berbayar.

Nah jika anda ingin tahu cara membuat website gratis sendiri dengan mudah tanpa perlu menyewa jasa pembuatan website, maka perhatikanlah langkah-langkah yang ada di bawah.

Untuk mempermudah anda memahani cara membuat website sendiri di sini saya menggunakan sebuah hosting gratis yaitu idhostinger karena anda akan mendapatkan 2 GB disk space, 100GB Bandwidth secara cuma cuma selamanya dan anda dapat upgrade jika diperlukan.

Cara Membuat Website gratis

1. Kunjungi situs idhostinger di www.idhostinger.com atau klik gambar
Hosting Gratis
2. Klik kotak Order Sekarang!
3. Isilah form pendaftaran dengan nama anda, email, password, isi kode yang terlihat, centang kotak kecil dan klik buat akun. Jika anda belum tahu cara membuat email gmail silahkan anda baca artikel cara membuat email untuk membantu cara membuat website gratis anda.

4. Buka email anda dan klik link verifikasi yang telah dikirimkan
5. Ada 3 pilihan hosting untuk anda, karena kita ingin belajar cara membuat website gratis maka pilihlah yang gratis, klik order

6. Isi subdomain anda (jangan kurang dari 5 huruf), inilah yang akan menjadi bagian dari alamat anda nanti, pada kotak sebelah kanan pilih yang sesuai keinginan anda. setelah selesai isi semuanya, klik buat. Dan anda klik lagi tombol kelola.

7. Dan sekarang anda berada pada Cpanel, cari tulisan penginstallan otomatis , lalu klik saja tulisan tersebut

Cara membuat website sendiri

8. selanjutnya adalah pilih layanan website gratis dari wordpress

9. Biarkan kotak bertuliskan install ke –  (jangan diisi ), kemudian isi nama pengguna (boleh nama anda kalau bisa jangan menggunakan kata admin), isi password juga dan klik install wordpress 3.3.1., jika ada tampilan isi direktori akan ditimpa ? klik yes…,  tunggulah prosesnya hingga selesai.

10. Dan website gratis anda sudah jadi, anda dapat login ke website anda dengan cara meng-klik ‘manage’ pada tab hosting atau klik saja nama domain misalnya namadomain.p.ht lalu pilih ‘log in’ (lihat bagian kanan bawah) dan isi username dan password.

Anda juga bisa masuk ke website anda dengan cara mengetik www.namadomain/wp-admin  contoh nya www.namadomain.p.ht/wp-admin ataupun mengetik www.namadomain/wp-login.php dan anda akan masuk ke wordpress sebagai tanda bahwa anda telah berhasil membuat website sendiri.
Untuk lebih jelas silahkan lihat video berikut :

Silahkan anda berkreasi dengan membuat website anda tersebut dan jika berkeinginan lebih serius lagi untuk agar tahu cara membuat website, silahkan baca artikel CD Tutorial WordPress,  dari sini anda akan mendapatkan cara membuat website secara profesional.

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *