Cara mudah menggabungkan file PDF

Banyak tutorial atau ebook yang kita download berformat pdf, seringkali file yang sudah kita downloiad tersebut tidak beraturan menyimpannya. kadang kita perlu menggabungkan file pdf kita, menyusunya menjadi satu file saja, caranya cukup mudah

Menggabungkan file PDF secara Offline :

1. Buka file pertama PDF yang akan digabungkan dengan file PDF yang lain.

2. Klik pada menu atas “Combine Files” seperti yang terlihat pada gambar-2 dengan tanda panah diatas.

3. Pilih menu “Merge files into single PDF“.

4. Akan muncul jendela baru untuk mengatur file anda seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.

5. Klik “ADD FILES” pada jendela munculan yang baru tersebut, lalu pilih files kedua yang akan di gabung dengan file pertama tadi.

6. Lakukan hal yang sama jika anda masih ingin menggabungkan file yang lain lagi.

7. Jika anda ingin memilih hanya halaman tertentu saja yang akan digabungkan silahkan klik ganda (klik 2x) pada “ALL PAGES” sesuai dengan nama file yang dipilih, seperti yang tampak pada tanda panah gambar-3 di atas, lalu tuliskan halaman berapa saja yang anda pilih untuk digabungkan dengan file PDF yang lain. Tapi jika anda ingin menggabungkan semua halaman file tersebut silahkan lewati saja proses ini.

8. Klik “NEXT

9. Pilih menu pilihan pertama “Merge files into a single PDF“. Karena jika anda memilih menu pilihan yang kedua “Assemble files into a PDF package” maka hasilnya nanti menjadi beberapa file PDF dalam satu paket. Seperti jika kita menggabungkan beberapa file menjadi satu dengan menggunakan Win RAR atau Win Zip.

10. Jika sudah, anda bisa klik “CREATE“, lalu lihat hasilnya.

Menggabungkan file PDF secara On line :

Selain secara Offline seperti diatas, menggabungkan bebrapa file pdf menjadi satu file juga bisa dilakukan secara Online melalui website penyedia media penggabung file PDF yang tidak berbayar. Cara ini mungkin dibutuhkan ketika pada komputer anda belum terinstal Software PDF reader, dan anda tidak punya waktu lagi untuk mendownload software tersebut kemudian menginstalnya di komputer anda.

Langkah-langkah untuk menggabungkan file PDF secara Online adalah sebagai berikut :

1. Buka / Klik situs PDF MERGY ini di browser anda.
2. Tunggu sebentar lalu klik “SKIP” pada bagian pojok kanan atas. anda akan llangsung menuju ke halaman merger files.

3. Seperti yang tampak pada gambar-4 diatas, anda bisa langsung meng-upload file-file mana saja yang akan di gabungkan. Klik “SELECT” button atau bisa langsung dengan cara men-drag file anda ke kotak yang ada di website tersebut.
4. Jika file-file sudah ter-upload semua, selanjutnya klik “MERGE“.
5 Tunggu sebentar hingga proses mergered selesai.
6. Klik “SAVE” untuk menyimpan file yang sudah tergabung menjadi satu ke dalam media penyimpanan anda. Tunggu sebentar hingga proses penyimpanan selesai.Demikian tips dari saya mengenai cara menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu file PDF. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Please follow and like us:
0
fb-share-icon20
20
Pin Share20

Leave a Reply

Your email address will not be published.