Kaleng Kerupuk Gaya


Kaleng Kerupuk bukan sesuatu hal yang aneh, ia biasa terlihat di warung-warung atau rumah makan. Bentuknya dari dulu ya seperti itu, kubus dengan warna yang cukup mencolok. Rata-rata berwarna biru atau hijau. Satu sisinya ada kaca yang transparan sehingga kerupuk yang di dalam terlihat dari luar.
Namun kaleng kerupuk satu ini berbeda betul dengan yang terlihat di warung-warung. Dedi Ahmadi, Pemuda dari Kampung dukuh Pasir mukti Citeureup itu membuat Kaleng kerupuk beraneka warna dan bentuk. lewat tangannya kaleng kerupuk menjelma menjadi kaleng kerupuk dengan hiasan cantik. Pada bulan Ramadhan, ia kewalahan melayani pesanan.
Kaleng kerupuk kini mendunia setelah bertransformasi dalam model-model unik. Ada yang berbentuk bundar ataupun persegi empat dan persegi enam. Warnanya pun bermacam-macam, mulai dari pink, hijau, jingga, hingga perak. Bahannya pun bukan hanya dari kaleng, tapi ada juga yang berbahan stainless.
Dedi yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUB) Rancage ini membuat kaleng kerupuk dalam banyak ukuran. Ada yang berukuran mini yang lebih mirip toples permen atau pajangan di atas meja. Ada pula toples berukuran besar yang memuat puluhan kerupuk bundar.

Keunikan bentuk, warna, dan motif seperti itu jarang kita temui pada kaleng kerupuk di warung-warung. Dedi, Ketua KUB Rancage ini,  ini membuat kaleng kerupuk tidak hanya fungsional sebagai penyimpan penganan, tetapi juga menjadi pajangan di atas meja makan. Kaleng kerupuk hias miliknya malahan menjadi suvenir pada acara-acara pameran.
Bagi kalangan rumah tangga, kaleng kerupuk buatan Dedi menarik untuk dipajang di atas meja. Toples buatannya terlihat mentereng karena dibuat dari baja antikarat (stainless steel) yang tidak akan berkarat. Pada bagian tengah setiap sisi toples dilapisi kaca sehingga akan tampak isi toples dari luar.
Untuk mendapatkan kaleng kerupuk buatan Dedi bisa langsung datang ke Workshop Rancage di Kp. Dukuh RT 03/ 01, Pasir Mukti Citeureup-Bogor kunjungi http://umkm.citeureup.net

Please follow and like us:
0
fb-share-icon20
20
Pin Share20

Leave a Reply

Your email address will not be published.