Buletin Puspa Media, Jurnalisme Warga Puspanegara


Menyampaikan serta menyebarkan informasi bukan hanya tugas wartawan,warga masyarakat pun dapat melakukan hal yang sama, apalagi dikuatkan dengan Undang-undang Pers No. 40 tentang kebebasan Pers. Hal inilah yang mendorong sekelompok warga masyarakat Kelurahan Puspanegara membuat Buletin Puspa Media.
Saat ditemui di ruang kerjanya, Lurah Puspanegara, rameni membenarkan bahwa Karang Taruna yang menjadi bagian dari Warga Kelurahan Puspanegara berinisiatif memuat informasi warga lewat Buletin puspa media.
Memasuki April 2014, Buletin ini sudah terbit 3 edisi, meski baru 8 halaman namun isinya cukup padat. Memuat info kegiatan yang dilakukan warga masyarakat. Dalam pengisian konten juga pendistribusian, bulletin ini bekerja sama dengan Kelurahan,LPM,PKK,Karang Taruna, serta BKM Puspamandiri. Setiap exemplar dikenakan biaya seribu rupiah, cukup murah kan.., selain itu Buletin ini juga menyediakan spot iklan sehingga pelaku usaha yang ada di Kelurahan Puspanegara dapat mempromosikan produknya lewat bulletin ini.
Jurnalisme Warga perlu ditumbuhkan sebagai sarana membentuk ruang opini antar warga masyarakat sehingga warga masyarakat tak hanya jadi penikmat berita saja, lebih dari itu mereka dapat lebih interaktif dalam menyampaikan ide atau gagasan untuk kemajuan wilayah. Sudah saatnya media lokal turut serta memajukan informasi wilayahnya.
Please follow and like us:
0
fb-share-icon20
20
Pin Share20

Leave a Reply

Your email address will not be published.