Mengenal lebih dekat Kampung Ramah Lingkungan

Sekitar 181 wilayah desa maupun kelurahan yang tersebar di 37 kecamatan mengikuti program Kampung Ramah Lingkungan (KRL) yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor. Verifikasi yang melibatkan berbagai element terus dilakukan guna mendapatkan KRL yang berkualitas. 

Kepala Seksie (Kasie) Kemitraan Dinas Lingkungan Hidup yang juga ketua tim penilai kampung ramah lingkungan Muji Lestari mengatakan, dari tahun ke tahun antusias masyarakat terhadapa program KRL yang di gagas oleh Dinas Lingkungan Hidup terus meningkat. “Program Kampung Ramah Lingkungan yang di gagas oleh Dinas Lingkungan Hidup dari tahun ke tahun mendapat antusias dan sambutan yang baik dari masyarakat, terbukti setiap tim verifikasi yang berkunjung ke wilayah yang menjadi KRL selalu ramai, mulai dari spanduk-spanduk selamat datang sampai kita disambut dengan tarian maupun lengser,” kata Muji.
Ia pun menjelaskan, tim penilai atau verivikasi dibagi menjadi 3 tim dengan melibatkan beberapa SKPD. “Tim penilai dibagi menjadi 3 tim, dimana 16 orang dari pegawai DLH, dan disetiap tim melibatkan SKPD lain seperti Bappedalitbang, Disbudpar, Diskominfo, hal ini untuk lebih mempertajam dalam hal penilaian, sehingga wilayah atau tempat yang menjadi KRL tidak bagus ketika ada penilaian atau perlombaan, tapi bagus seterusnya,” jelasnya.

Muji pun menambahkan, ada 3 kategori penilaian untuk KRL tahun ini. “Ada 3 kategori penilaian untuk KRL tahun ini, kategori pratama untuk wilayah yang baru ikut pertama kali dalam program KRL, kategori madya untuk wilayah yang sudah dua kali mengikuti program KRL dan kategori jawara yang sudah pernah menjadi juara KRL dan menjadi yang terbaik,” tambah Muji.
Kegiatan verivikasi Kampung Ramah Lingkungan (KRL) sendiri sebagai wadah edukasi lingkungan kepada masyrakat yang dikemas dalam bentuk perlombaan lingkungan bersih, sehat dan hijau.

Exif_JPEG_420

Sumber : https://bogorkab.go.id/post/detail/program-kampung-ramah-lingkungan-krl-sebagai-wadah-edukasi-kepada-masyarakat

Please follow and like us:
0
fb-share-icon20
20
Pin Share20

Leave a Reply

Your email address will not be published.