Mengenal Nama-nama Sungai di Citeureup

Baru-baru ini kita dihebohkan dengan kejadian hanyutnya ratusan siswa sekolah menengah pertama di Jogjakarta saat susur sungai. Salah satu penyebabnya karena kebanyakan korban yang anak-anak itu tidak faham kondisi sungai.

Mendengar kata “Sungai” sepertinya sudah tak asing lagi, hampir semua bagian di tanah air kita terdiir dari sungai. Tulisan dibawah ini mencoba mengutip beberapa Sungai-sungai yang ada di Kecamatan Citeureup.

1.Sungai Citeureup,

Alirannya melewati Desa Leuwinutug, Karang Asem Timur, Tarikolot dan Citeureup berakhir di Kampung Muara. Diduga dari sinilah berasal nama Citeureup, dari Bahasa Sunda Ci artinya Cai/Sungai, sedangkan teureup adalah Pohon Teureup.

2. Cijere : Jere artinya Jaring atau menjaring ikan, awalnya sungai kecil ini memang dikenal banyak terdapat ikan, lokasinya di Kp. Tarikolot mengalir hingga ke Sungai Citeureup, nama Cijere dipakai juga untuk Sungai Kecil yang ada di Kp. Pasir Angin Desa Pasir Mukti.

Sungai Pasir Mukti

3. Ciherang : Sungai Ciherang, Arti nama Herang dari Bahasa Sunda “Bening Sekali”, memang air sungai ini terlihat bening hingga terlihat jelas kedalaman airnya, lokasi di Kp. Leuwibilik Desa Tajur.

4. Cikeas : Sungai Cikeas, Berasal dari Nama salah satu Kampung di Desa Sentul Kec. Babakan Madang (Babakan Cikeas). Sungai tsb banyak dimanfaatkan penduduk Kp. Babakan Cikeas Sehingga masyarakat mengidentikkan pada titik ini dengan Sungai cikeas dengan asumsi yang banyak memanfaatkan penduduk Kp.Cikeas. Sungai ini juga menjadi Perbatasan antara Kecamatan Citeureup dengan Kecamatan Cibinong.

itulah nama beberapa sungai yang ada di Kecamatan Citeureup.

Please follow and like us:
0
fb-share-icon20
20
Pin Share20

Leave a Reply

Your email address will not be published.