Dari Sampah, Saldo Bank Sampah ini mencapai 16 Juta

Sampah secara umum merupakan bagian dari kehidupan manusia yang sangat mengganggu lingkungan, sehingga perlu penanganan yang cermat. Sekelompok masyarakat kecil di lingkungan rumah tangga setiap hari menghasilkan sampah dapur, sampah kertas, sampah plastik, sampah kaca, dan masih banyak sampah lain yang dihasilkan.

Photo diambil sebelum Pandemi Covid-19

Tak terkecuali juga di Kelurahan Karang Asem Barat, semenjak satu tahun silam, telah dibentuk kepengurusan Bank Sampah di wilayah RW 02. Sejumlah ibu-ibu di 3 RT memulainya dengan menumbuhkan kreativitas dalam memanfaatkan sampah yang sudah dianggap tidak ada manfaatnya untuk dirubah menjadi bernilai dalam bentuk uang melalui kegiatan bank sampah.

Photo diambil sebelum Pandemi Covid-19

Nasabahnya terdiri dari warga RW 02, terdiri dari ibu rumah tangga hingga warung ritel rutin setiap 2 kali perbulan dilakukan penimbangan dan pemilahan sampah. ada 2 Bank sampah dari 6 RT di wilayah RW 02. Bank Sampah Rumah Bata 1 dan 2.

Photo diambil sebelum Pandemi Covid-19

Menjelang puasa kemarin, saldo tabungan warga dibagikan, hasilnya cukup besar, sekitar 16 juta terkumpul uang hasil tabungan sampahnya. Senyum sumringah terlihat di wajah warga saat tabungan mereka dibagikan.

Tentu saja hal ini menggembirakan, ditengah pandemic Covid-19, saat diberlakukannya PSBB disejumlah wilayah, tak terkecuali di Kecamatan Citeureup. Saat warga membutuhkan bantuan, seolah ada air penyejuk dari dampak lesunya ekonomi akibat sejumlah pembatasan aktivitas.

Please follow and like us:
0
fb-share-icon20
20
Pin Share20

Leave a Reply

Your email address will not be published.