Goa Kekenceng, Taman Eksotis di perut bumi

Tajur-Citeureupedia, Tak perlu jauh menikmati keindahan alam, di Tajur anda akan mendapatkan jawabannya, daerah yang menyimpan rahasia pesona kawasan kars (goa alam). Komunitas Linggih Alam mendata terdapat 50 goa di lokasi ini. Tajur, merupakan gugusan kars (goa alam) yang membentang.

Daerah tajur dikelilingi bukit-bukit hijau disela-sela batuan kapur. Kondisi jalan di sepanjang Tajur ini terbilang baik dengan adanya peran PT Indocement. desa ini juga dicanangkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Bogor menjadi salah satu Desa wisata di Kab, Bogor.

Mengapa disebut Goa Kekenceng karena untuk menuju pintu masuk goa tersebut berbentuk cekung seperti penggorengan. Pintu masuk goa berada di dasar cekungan tersebut.

“Konon goa alam yang terdapat di daerah ini dulunya merupakan tempat persembunyian pasukan pemberontakan DI/TII pada dekade 70-an,” menurut warga setempat.

Bagi wisatawan susur goa yang ingin menikmati keindahan perut bumi, sebelumnya disarankan mempersiapkan perlengkapan seperti baju pekerja tambang, sepatu boot, cahaya penerangan di kepala (headlamp), baterai cadangan, tas anti air, handuk kecil, lilin, korek api, obat-obatan pribadi, dan juga tali pengaman (webbing).

Selain itu, juga wajib menjaga lingkungan goa dengan tidak membuang sampah di dalam, tidak mengganggu kehidupan biota goa, dan juga tidak membuang air besar maupun kecildi dalam goa.

Gua Karenceng mempunyai ciri khas stalagnit berbentuk menyerupai belalai, tak jauh dari mulut gua. , masuk ke Goa Karenceng ini sangat sempit, namun di dalamnya cukup luas. Di dalam goa tersebut juga terdapat air terjun. Di lokasi tersebut, pihak pengelola menyediakan jasa pemandu dan fasilitas alat safety seperti helm, jaket dan sepatu boot.

Perjalanan menuju Goa Kakenceng bisa melalui Desa Hambalang atau lewat Kampung Parung Ponteng. Bila melalui Kampung Parung Ponteng, Desa Tajur bisa menggunakan kendaraan roda empat. Tapi, jika melalui hambalang hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua. Kemudian, setibanya di Pos Perhutani pengunjung bisa berjalan kaki menuju lokasi. (Sumber : Indeksberita.com)

Please follow and like us:
0
fb-share-icon20
20
Pin Share20

Leave a Reply

Your email address will not be published.