Karang Asem Barat-Citeureupedia, Tanggal 29 Mei ditetapkan sebagai hari penting, yakni peringatan hari keluarga dan hari lanjut usia.

Peringatan hari keluarga tanggal 29 Mei ditetapkan secara global atau sedunia. Sementara 29 Mei sebagai peringatan hari lanjut usia diperingati secara Nasional di Indonesia.

Di Indonesia, sebenarnya setiap tanggal 29 Mei sudah sejak 24 tahun lalu telah ditetapkan sebagai hari khusus bagi para orang lanjut usia.

Tanggal itu dinamai Hari Lanjut Usia Nasional. Namun demikian, pencanangan momen ini tak begitu populer seperti peringatan hari Kartini, Pancasila atau hari nasional lainnya.

Lalu bagaimana sejarahnya ada Hari Lanjut Usia Nasional.

Mengutip dari akun Twitter resmi milik Kejaksaan Agung, Hari Lanjut Usia Nasional awalnya ditetapkan oleh Presiden Soeharto pada 29 Mei 1996 di Semarang Jawa Tengah.

Ketika itu, pencanangan ini dimaksudkan untuk menghormati jasa Dr KRT Radjiman Wediodiningrat yang masih memimpin sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dalam usia lanjut.

Di kacamata internasional, hari khusus bagi para lansia ini juga telah ditetapkan dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa Bangsa setiap tanggal 1 Oktober.

Pencanangan itu merujuk pada resolusi Nomor 45/106 Tanggal 14 Desember 1990 Sidang Umum PBB yang merupakan kelanjutan dari Vienna International Plan of Action on Aging (Vienna Plan) yang diputuskan di Wina tahun 1982.

Jadi, sudahkah mengucapkan selamat kepada keluarga di rumah?

Sumber : https://www.viva.co.id/berita/nasional/920270-ada-yang-tahu-29-mei-hari-apa

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *