Berdasarkan data pasien yang ada di DKR Kabupaten Bogor, lebih dari puluhan warga masyarakat penderita katarak yang terbantu penglihatannya setelah menjalani operasi katarak. Sebagian besar warga kabupaten bogor tersebut merasa terbantu dengan kegiatan ini.

Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Klinik Ainun Cahaya Medika Bogor setiap bulan mengadakan kegiatan Operasi katarak. Dengan program ini harapannya para warga penderita katarak dapat sembuh sehingga hidup dengan lebih sehat dan produktif.

Saat di temui di Sekretariat DKR kabupaten Bogor di Gg. Uyut Bajol Kelurahan Puspanegara Kec. Citeureup. Adi Syafrudin, ketua DKR Kabupaten Bogor menyatakan bahwa Operasi katarak merupakan salah satu wujud konkret kontribusi terhadap warga masyarakat di bidang Kesehatan.

Katarak merupakan salah satu penyakit yang bisa mengakibatkan kebutaan total pada pasiennya. Bahkan, angka kebutaan yang terjadi di dunia termasuk di Indonesia paling banyak diakibatkan oleh penyakit ini. Salah satu sumber menyatakan katarak merupakan penyumbang terbesar kebutaan di Indonesia yang hampir mencapai 60 persen dimana usia lanjut menjadi salah satu faktor pemicunya.

Pada umumnya katarak susah dicegah, yang bisa dicegah adalah kebutaan karena katarak dan bisa dihindari dengan cara dioperasi. Operasi katarak adalah operasi paling efektif, paling efisien, paling menimbulkan benefit paling tinggi daripada tindakan prosedur lainnya, sehingga orang yang tadinya tidak produktif jadi produktif lagi.  

Di Indonesia diperkirakan setiap tahun kasus baru buta katarak akan selalu bertambah sebesar 0,1 persen  dari jumlah penduduk atau kira-kira 250 ribu orang per tahun. Sementara kemampuan untuk melakukan operasi katarak setiap tahun diperkirakan baru mencapai 180 ribu per tahun, sehingga setiap tahun selalu bertambah backlog katarak sebesar 70 ribu.

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *