Urusan Pengelolaan Lingkungan, Ibu ini Pakarnya

Gunungsari – Citeureupedia, Mengabdi kepada Masyarakat adalah tugas mulia, dan itu bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti yang dilakukan Virgowati Retno Purwaningsih. Wanita yang lebih akrab disapa Bu Virgo ini punya andil cukup besar dalam membidani lahirnya Bank Sampah dan Kampung Ramah Lingkungan (KRL) di wilayah Citeureup khususnya.

Wanita kelahiran Kebumen, 50 tahun silam ini seperti tak kenal lelah mengajak Masyarakat untuk mengelola sampah sekaligus menata lingkungan. Tugasnya sebagai Fasilitator Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kab. Bogor menguatkan langkahnya mendorong lahirnya Bank Sampah serta KRL di setiap wilayah.

Saat ditemui di rumahnya, di kawasan Perumahan Indogreen, Desa Gunungsari, Ibu 3 anak ini menyatakan keinginannya untuk membaktikan diri kepada masyarakat lewat jalan pengelolaan lingkungan.

Saya siap diundang kapan saja untuk urusan lingkungan,” ujarnya mengiyakan.

Dalam setiap kegiatan terkait lingkungan, ia kerap diundang untuk berbagi pengalaman. wanita yang juga Satgas Lingkungan Kecamatan Citeureup ini banyak menyumbang prestasi di bidang pengelolaan sampah hingga ke tingkat provinsi.

Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) salah program yang dibangun bersama warga sekitar Indogreen hingga mengantarkannya pada prestasi dari tingkat Kecamatan hingga tingkat nasional.

Salah satu produknya saat itu ekstrak jahe dan belimbing wuluh. minuman berlabel BBB (Bukan Belimbiing Biasa) ini dibuat karena melihat banyak berserakan belimbing wuluh di sekitar kompleknya.

Kreasinya bisa dilihat di Butik Sendu, Galery yang dibangun di rumahnya nya ini banyak menyimpan hasil olah kreativitasnya. dari produk yang dihasilkan dari kantong kresek, sedotan hingga barang daur ulang lainnya.

Banyak ilmu yang bisa diambil dari Perempuan yang September nanti genap berusia 51 tahun ini. diantaranya pemanfaatan sampah menjadi bernilai ekonomis. sosoknya yang humoris dan mudah bergaul, kerap disukai pengurus Bank Sampah yang kebanyakan ibu-ibu rumah tangga.(AR)

Please follow and like us:
0
fb-share-icon20
20
Pin Share20

Leave a Reply

Your email address will not be published.