Pasir Mukti – Citeureupedia ; Nuansa khas Kasundaan begitu terasa, saat memasuki rumah yang terletak di Kp. Pasir Angin Desa Pasir Mukti ini . rumah sekaligus sanggar Seni Pandawa ini tak sulit dicari. rumah yang berjarak sekitar 400 m dari Kantor Desa ini. menyiratkan suasana alam priangan. si empunya rumah sepertinya hendak menyuguhkan nuansa kasundaan di dalamnya.

Oman Sanjaya, tamu yang saya kunjungi kali ini adalah Pendiri Pandawa Group, Sanggar seni Sunda yang dibentuk Maret, 2010 silam. bercita-cita ingin mempertahankan serta memajukan seni sunda khususnya di Kecamatan Citeureup.

Saha deui nu rek ngamumule Seni Sunda lamun lain ku urang Sunda,” ujarnya bersemangat saat diminta menceritakan awal berdiri Pandawa.

Anu urang, keur urang, ku urang,” tambahnya .

di Pandawa ia tidak hanya sekedar menampilkan seni sunda, tapi ia juga memadukan seni sundanya dengan perangkat musik kekinian. jangan heran jika dalam performancenya, ada sentuhan Drum dan juga melody Gitar listrik.

Pria kelahiran Sumedang yang kesehariannya bertugas menjadi staf Kesra Kecamatan Citeureup ini mengaku sering mendapat undangan untuk mengisi acara hajatan baik menjadi pembuka prosesi maupun menghibur tamu undangan.

Personel Pandawa antara lain : Oman Sanjaya, Ule,Dedy, Alex, dan Iwan. meski berbeda profesi namun tetap bisa meluangkan waktu untuk mengibarkan bendera Pandawa.

Kecintaannya pada Kecamatan Citeureup yang telah mengibarkan Pandawa group yang diusungnya, membuat Pria yang sempat menjadi guru ini selalu bersemangat.

Melalui pementasaanya Ia dan group Pandawanya mengajak setiap warga masyarakat Citeureup untuk selalu mempertahankan tradisi Sunda sebagai ciri budaya wilayah ini. seperti saat ia dan pandawa mengisi acara di Bogor Night Culture yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor beberapa waktu lalu. (AR).

Facebook Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *