Damanhuri, Kades Hebat,Bergudang Predikat

Gunungputri – Citeureupedia ; Mengurus Desa tidak melulu mengelola administrasi serta anggaran desa, lebih dari itu idealnya Seorang Kepala Desa harus mampu membawa kemajuan serta kesejahteraan warga yang dipimpinnya. terlebih di era pandemi, semua perhatian bahkan anggaran banyak dikeluarkan demi mengurus wabah ini. akibatnya banyak Desa yang hanya berkonsentrasi pada penanganan Virus saja.

Namun yang dilakukan Kades Gunungputri ini berbeda dengan kebanyakan Kepala Desa lainnya. Banyaknya penghargaan yang diberikan dari tingkat Kecamatan hingga Provinsi membuktikan bahwa Damanhuri telah berhasil memimpin Desa Gunungputri dengan baik.

17 Desember 2021 lalu, ia dianungerahi BKGC Award untuk Kategori Desa dengan 13 Penghargaan kampung Ramah Lingkungan (KRL) serta 4 Penghargaan Adiwiyata serta nominasi Best Of Best. Penghargaan yang diberikan berdasarkan penilaian tim Verpal (Verifikasi Lapangan). Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor membagi menjadi beberapa kategori, seperti pengelolaan sampah terbaik, penataan lingkungan terbaik, dan masih banyak lagi. 

Seluruh penghargaan diberikan oleh Ibu Bupati Bogor Ade Yasin kepada seluruh pemenang penghargaan. Dalam kesempatan kali ini Kecamatan Gunungputri mendapatkan penghargaan sebagai peserta lomba BKGC Tahun 2021 terbanyak. 

dibulan yang sama, Kepala Desa Gunungputri juga di anugerahi Penghargaan Desa Lunas Pajak oleh Bupati Bogor, Ade Yasin pada Anugerah Pajak Daerah Kabupaten Bogor Tahun 2021, di Pullman Hotel, Ciawi, Rabu (22/12/2021).

Pemerintah Desa Gunungputri juga mengembangkan Program Desa Digital tentang Penerapan Transaksi Non-Tunai QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) bersama PT. Netzme Kreasi Indonesia. Program tersebut sesuai dengan tujuan dari Desa Gunungputri untuk menjadi “Smart Village” dan menjadi terdepan se-Indonesia. Muhammad Mustaqim, Sekretaris Desa Gunungputri mengatakan bahwa Desa Gunungputri akan terus melakukan perubahan terutama dalam pengembangan digitalisasi desa.

Desa Gunungputri juga terpilih mewakili Kabupaten Bogor untuk mengikuti lomba SATKAMLING tingkat POLDA Jawa Barat, adapun harapan yang ingin dicapai merujuk kepada peraturan Kepolisian Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pengamanan Swakarsa yang akan kita buatkan SK. sehingga nanti kedepannya pengamanan lingkungan akan lebih terarah dan terstruktur untuk meningkatkan keamanan lingkungan.

Saat ditemui Citeureupedia, Damanhuri menyampaikan kiatnya memimpin Desa Gunungputri, hingga dianugerahi banyak penghargaan dan Predikat Desa yang disandang.

Saya hanya menjalankan apa yang seharusnya diemban Kepala Desa,” Ungkapnya.

Setiap Desa tentu memiliki karakteristik yang berbeda, yang tentunya berbeda pula cara penangannya,” tambahnya.

Kesuksesan serta banyaknya penghargaan yang didapatkan Desa Gunungputri diakuinya tidak terlepas dari Partisipasi serta kerja keras para staf desa hingga pengurus RT,RW di wilayahnya. Sinergi yang dibangun Pemerintah Desa Gunungputri melahirkan kinerja yang hasilnya membawa nama baik Desa Gunungputri.

Peran serta CSR PT. Indocement juga diakuinya memiliki peran yang cukup besar dalam memajukan Desa Gunungputri. dari Fasilitas dan sarana perbaikan infrastuktur serta pembinaan SDM banyak didapatkan Desa Gunungputri yang notabene adalah mitra binaannya.

terima kasih kepada CSR PT Indocement yang sudah sekian kalinya terus berupaya untuk memberikan dukungan dan bantuan. dan apa yang sudah diberikan pembangunan, baik pembangunan pemerintah pusat, Kabupaten Provinsi dan CSR dapat memaksimalkan hasilnya untuk kepentingan masyarakat yang ada di Desa Gunungputri.” tuturnya. 

Saya menghimbau kepada seluruh Aparatur Desa, para penggiat lingkungan dan juga para Guru disekolah untuk terus berbenah, karena ini bukan akhir tapi ini awal perjalanan menuju Desa Gunungputri yang lebih indah. Harapan saya kedepannya seluruh elemen masyarakat dapat lebih erat untuk terus membangun Desa. Agar Desa Gunungputri selalu terdepan dan dipandang di wilayah Kabupaten Bogor khususnya, umumnya di Indonesia ini,” ungkapnya menutup pembicaraan. (AR/GS)

Please follow and like us:
0
fb-share-icon20
20
Pin Share20

Leave a Reply

Your email address will not be published.