Ruwat 7 gunung, dibalik Mitos Gunung Putri

Gunung putri – Citeureupedia : Gunung Putri adalah salah satu gunung yang cukup di kenal di Bogor, Jawa Barat. Selain karena lokasinya yang strategis dan pemandangan yang indah, lokasinya juga mudah dijangkau. namun tak banyak yang tahu kalau dikaki gunung kecil ini terdapat Sanggar budaya yang punya keunikan dalam kegiatannya yakni Ruwatan Gunung.

Saat ditemui Citeureupedia, Darmawan atau lebih akrab disapa Kang Wawan, bersama Kang Naudi, penggiat budaya gunungputri menjelaskan kegiatan yang rutin dilakukan di tempat tersebut. Sanggar Budaya Mandala Putri bersama Pamong Budaya Bogor memang mengadakan ritual Ruwatan 7 Gunung. salah satunya gunung putri. ritual itu dimaksudkan sebagai upaya melestarikan budaya leluhur untuk merawat gunung.

Dalam kegiatan yang dilakukan sebulan sekali itu juga ada aktivitas menanam pohon sebagai upaya melestarikan alam yang hari ini banyak rusak akibat tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

” Ruwat disini bermakna Merawat, jadi Ruwatan Gunung artinya Merawat Gunung,” Ujar Naudi

” Kegiatan ini warisan budaya leluhur, gunung juga merupakan salah satu ikon Jawa Barat,” tambahnya

Gunung putri Berdasarkan cerita rakyat, bermula dari kerajaan yang memiliki seorang putri cantik dan baik hati. Ada banyak pangeran yang ingin meminangnya dan ingin menjadikannya permaisuri. Akan tetapi sang putri menolak dan meminta para pangeran untuk menjadi kakaknya.

Karena kebaikan hatinya, banyak yang setuju dengan permintaan putri. Namun putri tidak menyadari ada satu pangeran yang marah dan dendam karena ditolak oleh sang Putri. Ia pun merencanakan balas dendam.

Dengan berdalih untuk memberikan perlindungan dari pangeran yang mungkin dendam dengan penolakan sang putri, pangeran jahat membawa penyihir. Ia meminta penyihir untuk mengutuk kematian pada sang putri dan raja.

Setelah berhasil membalaskan dendamnya, rombongan pangeran jahat pun pergi menyusuri jalan pulang. Anehnya, pohon-pohon besar tumbuh secara misterius dan menutupi jalan. Pangeran dan rombongan pun terperangkap dan tewas dalam rerimbunan pohon.

Cerita inilah yang menjadi awal mitos gunung Putri di Bogor yang dipercaya merupakan tempat berdiam mendiang sang putri.

terlepas dari cerita mitos yang ada. tempat ini memang sejuk dan nyaman, rimbunan pepohonan menghiasi kaki gunung. beberapa saung yang ada membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati semilir angin yang bertiup dari arah gunung.

Untuk mendaki gunung juga tidak terlalu sulit, bahkan ada Spot Camping bagi yang suka berkemah. untuk makan atau minum jangan khawatir, dibawah tersedia warung yang menyediakan.

Sayangnya tempat ini kurang terawat. menurut Wawan, belum ada perhatian dari pihak Desa apalagi Dinas Pariwisata, untuk perawatan hanya mengandalkan uang parkiran atau urunan komunitas. ia berharap nantinya tempat ini menjadi salah Destinasi wisata yang ada di kabupaten Bogor. (AR/GS)

Please follow and like us:
0
fb-share-icon20
20
Pin Share20

Leave a Reply

Your email address will not be published.